Segmentasi LAN

Bismillahhirrahman Nirrahim Assalamualaikum wr wb.
       Nama saya Wildan Aldi WS atau singkatan nya WAWS .. ya saya akan sedikit ngeshare nih apa yang telah saya pelajari hehe in shaa allah saya akan menggunakan bahasa yang mudah di pahami oleh pembaca  . ok Langsung Aja nih..

Laporan Hasil Kerja
AIJ
Tanggal : 3 Agustus 2017
Judul: Menghubungkan Vlan Menggunakan Switch Di Cisco Paket Tracer
Tujuan Pembelajaran:-Siswa dapat memahami VLAN
                                   -Siswa dapat mengkonfigurasi VLAN dengan Switch
Alat dan Bahan :1.Sebuah PC
                           2.Aplikasi Cisco Packet Tracer
Teori Dasar :

       VLAN adalah suatu model jaringan yang tidak terbatas pada lokasi fisik seperti LAN, karenanya network dapat dikonfigurasi secara virtual tanpa  harus menuruti lokasi fisik peralatan. Penggunaan VLAN akan membuat pengaturan jaringan menjadi sangat fleksibel dimana dapat dibuat segmen yang bergantung pada organisasi atau departemen, tanpa bergantung pada lokasi workstation.

       Cara kerja VLAN diklasifikasikan berdasarkan metode (tipe) yang digunakan untuk mengklasifikasikannya,Semua informasi yang mengandung penandaan/pengalamatan suatu vlan  di simpan dalam suatu database, jika penandaannya berdasarkan port yang digunakan maka database harus mengindikasikan port-port yang digunakan oleh VLAN. Untuk mengaturnya maka biasanya digunakan switch/bridge yang manageable atau yang bisa di atur. Switch/bridge inilah yang bertanggung jawab menyimpan semua informasi dan konfigurasi suatu VLAN dan dipastikan semua switch/bridge memiliki informasi yang sama. Switch akan menentukan kemana data-data akan diteruskan dan sebagainya atau dapat pula digunakan suatu software pengalamatan  yang berfungsi  mencatat/menandai suatu VLAN beserta workstation yang didalamnya untuk menghubungkan antar VLAN dibutuhkan router.

Praktikum 1


 Langkah Kerja :
 Nah mari kita perhatikan gambar sebelah kanan yaitu gambar dari praktikum 1,Nah disitu saya menggunakan 2 buah PC dan  1 Switch. Bagaimana Cara Membuat Jaringannya ? Ok cekidot
1.Buka Cisco Packet Tracer yang sudah terinstal di PC

2.Sisipkan 2 Buah PC dan 1 Buah Switch

3.Lalu hubungkan kabel (Cara pilih kabel silakan Liat pojok kiri trs ada gambar kaya petir nah klik    disitu ada kabel kabel) dari pc ke switch menggunakan kabel Straight.

4.Lalu Tunggu beberapa saat sampe Hijau Di ujung kabelnya. Jika Merah Berarti Tdk Terhubung kalo oren berarti lagi menghubungkan jdi perhatikan warnanya.

5.Kalo udah ijo mari kita seting IP nya
   Klik Pc yg ingin di setting IP>Config>Dekstop>IP COnfigurasi>Lalu Tuliskan IPnya (Isi setiap Pc dan setiap Pc Harus Beda ujungnya.. Kenapa ?karena seperti anak aja masa ade kaka namanya sama kan nah jd ip juga ujungnya jgn sama.. seperti di gambar praktikum 1 tuh yg pc 6 ujungnya 2 yg pc 7 ujungnya 3..

6.Test Ping/kirim data


  Caranya lihat yang kanan ada gambar kaya sms lah yg belomkebuka nah coba klik trs simpan di pc
7 trs 1x lagi di pc 6 dan lihat hasil nya apakah sukses atau gagal.. lihat hasil di pojok kanan yg bawah itu ada bacaan succesful nah itu contoh kalo sukses membuat suatu jaringan.

 ini hasil ping di CMD

 Kesimpulan : Pada saat ping di cmd dan pc yang di pingnya merespon berarti setiap pc terconnect.

 Praktikum 2
Oke kita akan melanjutkan dari yang tadi aja oke atau dibuat lagi juga bolehh namun yang sekarang nih saya coba dengan memberi perintah di panel CLI yang berada di switch. perintahnya ini mencoba dari ya sebuah pdf sebagai praktek coba gitu... nah saya skrg akan mempraktekannya.
1.Klik Switch Lalu Ke CLI
2.Tekan Enter lalu 
  
Switch>en
Switch#configure terminal
Switch(config)#vlan 10
Switch(config-vlan)#name ShewawsA
Switch(config-vlan)#exit
Switch(config)#vlan 11
Switch(config-vlan)#name ShewawsB
Switch(config-vlan)#exit
Switch(config)#



 3.Setelah itu setting setiap interfacenya

Switch(config)#interface fastEthernet 0/1 
Switch(config-if)#switchport mode access 
Switch(config-if)#switchport access vlan 10 
Switch(config-if)#exit 
Switch(config)#interface fastEthernet 0/2 
Switch(config-if)#switchport mode access 
Switch(config-if)#switchport access vlan 11 
Switch(config-if)#exit

 4.Cek Konfigurasi

#exit
#show run
#exit
 



Kesimpulan :
Nah pada praktikum pertama kita bisa connect nah tapiiii mengapa pada praktikum kedua terdapat kegagalan saat tes ping ? gimana teman teman ada yang tau ? selain penyebab vlan ini dibangun dengan switch ?

Ok sampe disini saja saya postingnya mungkin nanti ada tambah tambahannya hehe :D
Sekian Wassalamualaikum Wr Wb

Comments

Popular posts from this blog

Soal-Soal ASJ Beserta Jawabannya

Sejarah Pengertian dan Fungsi OSI LAYER Serta Cara Kerja