Penjelasan Singkat Switch Manageable

Penjelasan Switch
     Switch adalah komponen jaringan yang di gunakan untuk menghubungkan beberapa HUB untuk membentuk jaringan yang lebih besar atau menghubungkan komputer yang mempunyai kebutuhan bandwidth yang besar. Switch memberikan untuk kerja yang jauh lebih baik dari pada HUB dengan harga yang sama atau sedikit lebih mahal. Pada saat sinyal memasuki suatu port di switch, switch melihat alamat tujuan dari frame dan secara internal membangun sebuah koneksi logika dengan port yang terkoneksi ke node tujuan. Port-port lain di switch tidak mengambil bagian di dalam koneksi. Hasilnya adalah setiap port di switch berkores-pondensi ke suatu collision domain tersendiri sehingga kemacetan jaringan terhindari.

Switch Terbagi menjadi dua bagian
1.Switch Manageable
2.Switch NonManageable

Nah kali ini kita akan membahas sedikit tentang switch manageable

Switch Manageable
Switch manageable adalah switch  dapat dikonfigurasi karena memiliki sistem operasi didalamnya.  Switch manageable dibuat untuk meningkatkan keamanan pada sebuah jaringan lokal dan biasa dipakai pada perusahaan-perusahaan elite. karena cara kerjanya, switch manageable dapat juga dikelompokkan menjadi device yang bekerja pada layer 3 OSI Model Paket data semakin sedikit karena kapasitas buffer memory yg bisa menampung paket menjadi lebih banyak sehingga lalu lintas komunikasi data semakin lancar. Akibatnya switch semakin cepat dalam melakukan processing paket data.Biasanya harga Switch Manageable lebih mahal dari switch biasanya karena fitur yang lebih banyak , harganya biasanya 1jt keatas, meskipun ada beberapa switch yg harganya dibawah 1jt namun kualitas yg belum pasti.

Gambar diatas adalah Switch Cisco SRW224G4 Dengan Harga kisaran 3Jutaan

Kelebihan Switch Manageable
1.Fitur yang banyak
2.Dapat membuat Vlan
3.Mendukung penyempitan broadcast jaringan dengan VLAN.
4.Pengaturan access user dengan access list.
5.Membuat keamanan network lebih terjamin.
6.Bisa melakukan pengaturan port yang ada.
7.Mudah dalam monitoring trafick dan maintenence network karena dapat diakses tanpa harus berada di     dekat switch.

sedikit penjelasan tentang switch unmanageable adalah switch yg fitur dan settingannya lebih sedikit dari pada manageable.

sekian dan terimakasih.

Comments

Popular posts from this blog

Soal-Soal ASJ Beserta Jawabannya

Sejarah Pengertian dan Fungsi OSI LAYER Serta Cara Kerja